KISAH KALI TALANG

21 Oktober 2022 06:08:30 WIB

APA ITU KALI TALANG ?

secara umum kali talang berbentuk seperti 2 petak kolam berbentuk persegi dengan sekat diantara keduanya . Karena sekat inilah inilah disebut kali talang. Bagian atas atau utara merupakan sumber mata air. Untuk lokasinya berada Sudimoro, RT 04/RW01, Kelor, Karangmojo.

SEJARAH

Kali talang terbentuk secara alami. Jadi kali talang sudah ditemukan dan di manfaatkan warga sejak lama, bahkan sebelum penjajahan Belanda. Menyangkut sejarah kali talang memiliki mitos adanya ikan ikan yang hanya memiliki kerangka dan ikan gateng seperti belut besar. Dahulu kali talang terbilang tempat yang angker. Ada cerita itu sebenarnya membuat ekologi sekitar menjadi menjadi terjaga, tidak ada orang yang bertindak macam macam di kali talang. Kian waktu berjalan masyarakat tetap merawat dengan merenkonstruksi atau memperbaiki area sekitarnya.

UPAYA MASYARAKAT MASA LALU

Dahulu ketika masyarakat melakukan kegiatan pernikahan, sunatan, atau kegiatan istimewa lainnya masyarakat mengucap syukur dengan membawa panjang ilang ke kali talang. Namun sekarang untuk tradisi syukuran atas pernikahan mulai menghilang.

TRADISI DI MASA KINI (SEKARANG)

sebagai pelestarian agar tradisi tidak hilang masyarakat kini melakukan rasulan membersihkan kali talang. Kegiatan dilakukan selama 2 hari. Selasa Wage hingga rabu kliwon. Rasulan ini diadakan 1 tahun sekali.

PEMANFAATAN

Masyarakat memanfaatkan mulai  dari kegiatan mencuci, mandi hingga air minum. dahulu masyarakat juga menggunakannya untuk mengairi sawah dan pohon disekitarnya dimanfaatkan untuk tempat belajar anak anak.

 

EKAMAS KELOMPOK 9XB

KATARINA DINARYA CHRISTY

NIDIA ARVIA EKA FIDELA

SAYYID ABDUL AZIZ

YOHANA YANIA EGA PRAMUCYNTIA

SMA NEGERI 1 WONOSARI, GUNUNGKIDUL, YOGYAKARTA

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Fanspage Desa Kelor