INFORMASI DALAM GENGGAMAN ( APLIKASI DESA APPS )

12 Agustus 2021 13:22:51 WIB

Alifia Nur Ayusma

Fakultas Pertanian

Tim KKN-PPM UGM Karangmojo 2021

Zaman sekarang ini pertanian tidak selalu mencangkul, membajak, atau pemantauan secara langsung di sawah. Namun juga bisa dilakukan dari rumah atau dari jarak jauh. Sehingga perlu diadakannya peningkatan teknologi pada bidang pertanian. Peningkatan ini juga dapat dikatakan sebagai digitalisasi. Hal ini juga merupakan selah satu dampak dari revolusi indutrsi 4.0. Teknologi seperti sensor dan instrumen dapat diterapkan untuk mendapatkan hasil pemantauan yang lebih aktual dari lapangan. Teknologi ini juga dapat membantu petani dalam hal pengelolaan lahan pertanian sehingga petani dapat menghemat penggunaan energinya. Selain itu, digitalisasi juga dapat mencakup tentang pemasaran produk hasil pertanian, sehingga penjual mendapatkan harga tinggi maupun konsumen mendapatkan harga murah. Banyak aplikasi yang mulai bermunculan terkait digitalisasi pertanian. Mulai dari pengelolaan lahan, penanaman, perawatan, panen, bahkan pasca panen pada bidang pertanian. Aplikasi yang bermunculan tidak hanya berkaitan dengan pertanian, namun juga perkebunan, perikanan, perternakan, dan kehutanan. Salah satu aplikasi yang dikembangkan oleh UGM yaitu aplikasi Desa Apps. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang dikembangkan bersama PT Gamatechno Indonesia. Aplikasi ini diluncurkan pada Desember 2016, bertepatan dengan Dies Natalis ke-68 UGM.

Desa Apps merupakan aplikasi yang berfokus pada penyuluhan pertanian (agrokompleks) secara digital sehingga informasi tentang pertanian dapat menjangkau di seluruh pelosok negeri. Desa Apps merupakan aplikasi yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan petani, utamanya dalam hal ketersediaan informasi yang menunjang usahatani. Pada aplikasi ini menyediakan ruang komunikasi antar petani, penyuluh dan para ahli sehingga dapat saling bertukar pendapat dan memperbaiki kualitas petanu. Maksud dan tujuan dari Desa Apps, yaitu sebagai berikut:

  1. Aplikasi Desa Apps dapat menyediakan informasi dan ruang diskusi di sektor pertanian. 
  2. Dapat membantu petani, mahasiswa, pemerintah, maupun penyuluh dalam berbagi 1informasi tentang pertanian. 
  3. Dengan adanya aplikasi Desa Apps ini diharapkan seluruh stakeholder/pemangku kebijakan dapat bersinergi membangun pertanian yang lebih baik, hasil panen yang berkualitas, dan adanya komunikasi yang baik antar pemangku kebijakan (petani, expert/ahli, dan penyuluh)

Manurut Agus (2018), tujuan dari Desa Apps adalah untuk meningkatkan kualitas pertanian di Indonesia mulai dari perencanaan, penanamana, perawatan, panen, pascapanen dan analisis usaha tani. Sedangkan untuk fitur unggulan Desa Apps antara lain Forum Tanya Jawab dengan pelaku usaha tani dan tenaga ahli; Artikel populer tentang pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan dan kehutanan; serta Harga Pangan daerah sesuai lokasi GPS daerah. Adanya fitur-fitur tersebut, juga diharapkan mampu meningkatkan literasi digital di kalangan petani. Selain itu, juga untuk membantu petani dengan mudah dan tanpa adanya syarat tatap muka secara langsung.

 

Referensi:

Agus, R. N. 2018. Desa Apps the Documentary: Satu Jari Beragam Informasi. <https://kanalpengetahuan.faperta.ugm.ac.id/2018/10/10/desa-apps-the-documentary-satu-jari-beragam-informasi/> Diakses tanggal 21 Juli 2021.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Fanspage Desa Kelor